Reliance Logo

5 Tips Badan Sehat & Bugar Di Usia Lanjut

Semakin tua bukan berarti kamu tidak perlu lagi memperhatikan kondisi kesehatan dan mental. Jadi walaupun sudah memasuki usia senja kamu perlu memperhatikan kondisi kesehatan kamu. Buatlah pola hidup bersih dan sehat agar tubuh tetap bugar dan sehat.

Terapkan gaya hidup sehat agar dapat membantu kamu menghindari berbagai penyakit serius, seperti penyakit jantung, diabetes, hingga kanker. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan kamu saat berada di fase lansia.

Tetap Aktif Bergerak

Banyak lansia hanya menghabiskan waktu di rumah. Namun, salah satu cara untuk tetap sehat di usia tua adalah tetap aktif. Ini membantu menjaga kesehatan mental dan fisik. Jika Kamu memiliki tubuh dan pikiran yang sehat, Kamu akan memiliki harapan hidup yang lebih lama. 

Aktif bergerak juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit serius dan disabilitas karena bertambahnya usia.

Beraktivitas seperti berkebun, membuat kerajinan tangan atau bahkan bermain bersama cucu adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dengan tubuh tetap aktif dapat membantu memperlambat proses penuaan sel-sel dan jaringan otak. Sekaligus menurunkan risiko penyakit otak.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Tips berikutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi supaya kesehatan mereka tetap terjaga dengan baik. Memiliki pola makan yang seimbang dan sehat juga membantu kamu tetap sehat, meningkatkan energi kamu, dan mencegah penyakit yang menyertai orang tua.

Mengurangi asupan lemak jenuh dan mengkonsumsi banyak buah, sayuran, gandum, produk susu rendah lemak, dan ikan adalah bagian dari pola makan yang sehat untuk orang tua.

Terkait dengan minuman, disarankan untuk lebih banyak minum air putih dan minum teh, kopi, dan jus buah dengan sedikit gula. Hindari minuman yang terlalu dingin atau manis. Kamu dapat membuatnya sendiri di rumah untuk tetap sehat dan higienis dari pada membeli minuman kaleng.

Baca : Begini Peran Ibu Dalam Mengelola Keuangan

Tidur yang Cukup

Salah satu masalah yang paling sering dialami oleh lansia adalah gangguan tidur. kamu disarankan untuk memenuhi kebutuhan istirahat kamu dengan mendapatkan jumlah tidur yang cukup. Memiliki kualitas tidur yang baik akan berdampak pada kesehatan fisik dan mental kamu. 

Atur suhu ruangan dengan nyaman dan gunakan lampu tidur jika kamu ingin tidur dengan nyaman. Jika diperlukan, gunakan humidifier dan aromaterapi.

Menjaga hubungan baik dengan orang lain

Bertambahnya usia adalah menjadi tantangan tersendiri untuk lansia dalam menjaga hubungan atau relasi dengan orang lain, khususnya teman sebaya. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi, mulai dari pensiun dari pekerjaan, menderita penyakit, hingga teman sebaya yang satu persatu meninggal dunia.

Pedahal dengan menjalin hubungan baik dengan orang lain merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental, oleh sebab itu, perlu membangun hubungan dengan dengan berteman atau bergaul dengan teman sebaya, tetangga, atau yang lebih muda. Cobalah mulai bersosialisasi agar kamu tidak merasa kesepian dalam menjalani hari-hari.

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, lansia memiliki kecenderungan yang lebih besar untuk menderita berbagai penyakit. Sistem kekebalan tubuh yang lemah adalah salah satu penyebabnya. 

Oleh karena itu, cara terbaik untuk menjaga kesehatan lansia adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter secara teratur. Ini akan memungkinkan Kamu dan anggota keluarga lainnya untuk memantau bagaimana mereka merasa secara teratur.

Dokter dapat segera memeriksa dan menangani gejala jika diketahui. Lansia yang tidak memiliki masalah kesehatan lain dapat menjalani pemeriksaan setiap enam bulan sekali, tetapi mereka yang menderita diabetes melitus harus menjalani pemeriksaan setiap satu atau tiga bulan sekali. Itu dia sejumlah cara menjaga kesehatan lansia yang perlu Kamu tahu.