Reliance Logo

Mitos atau Fakta seputar Asuransi Jiwa

Asuransi jwa adalah program yang memberikan perlindungan dari kerugian finansial dari risiko meningal dunia. Akan tetapi banyak sekali mitos mengenai asuransi jiwa yang membuat program ini diabaikan.

Kematian merupakan hal yang pasti meskipun tidak diketahui kapan terjadinya. Selain kesedihan Kematian meyebabkan musibah berkepanjangan bagi keluarga yang ditinggalkan. Salah satunya adalah kerugian finansial. 

Apalagi jika yang meninggal tulang punggung keluarga, tentunya akan membebani keluarga yang masih ada. Tentunya kondisi ini akan berbeda jika memiliki asuransi jiwa.

Asuransi jiwa memberikan uang pertanggungan kepada ahli waris yang ditinggalkan. Dengan begitu akan membantu perekonomian yang ditinggalkan untuk Pendidikan anak, kesehatan ataupun untuk makan sehari-hari.  

Itulah mengapa asuransi jiwa menjadi salah satu perencanaan keuangan yang penting, untuk kamu sebagai tulang punggu keluarga.

Bahkan ketika kamu sudah menerapkan pola hidup bersih dan sehat, tidak ada yang tau dalam 5 tahun kedepan bakal terjadi seperti apa kehidupan kamu. Itulah sebabnya kenapa perancaan keuangan dan memiliki asuransi jiwa penting buat kamu. 

Sayangnya begitu banyak manfaat dari asuransi jiwa tersemarkan oleh mitos yang berkembang di masyarakat, dengan mitos yang berkembang membuat masyarakat cenderung bepikir negatif terhadap asuransi jiwa. 

Selain itu banyak orang yang belum mengetahui manfaat asuransi. Berikut beberapa mitos dan fakta tentang seputar asuransi yang bisa membantu kamu memahami pentingnya memiliki asuransi jiwa;

Asuransi Hanya untuk Orang Tua

Banyak beredar kabar di masyarakat bahwa asuransi hanya untuk orang tua, faktanya asuransi juga cocok untuk anak muda atau generasi milenial. Risiko kehidupan bisa mengenal siapa saja dan tidak mengenal umur baik tua ataupun muda. 

Sebagai anak muda yang aktif dan memiliki banyak aktivitas tentunya mempunyai asuransi jiwa sangat penting untuk memberikan perlindungan buat kamu.

Asuransi Hanya untuk Perlindungan Jiwa

Mitos asuransi jiwa hanya melindungi jiwa ketika terjadi kematian. Akan tetapi faktanya asuransi jiwa memberikan uang pertanggungan meliputi biaya rawat medis penyebab kematian sampai biaya pemakaman tergantung dengak jenis asuransi yang dipilih.

Jadi asuransi tidak hanya memberikan uang pertanggungan kepada ahli waris, manfaatnya lebih dari itu.

Baca : Faktor yang Dapat Mempengaruhi Besaran Tarif Premi

Proses Klaim Rumit

Mitos proses klaim yang ribet membuat sebagian orang cenderung enggan memiliki berasuransi. Faktanya klaim asuransi itu tidak rumit ataupu ribet. Semua ketentuan dan syarat untuk klaim sudah ditulis didalam polis. Kamu hanya perlu untuk memahami dan membacanya dengan detail tentang prosedurenya.

Jarang Sakit atau Tidak Memiliki Penyakit Kritis

Meskipun kita jarang sakit atau tidak memiliki riwayat penyakit kritis, faktanya biaya perawatan medis yang tiap tahunnya terus meningkat dan cenderung mahal, akan mempengaruhi kondisi finansial ketika kamu jatuh sakit atau tetimpa musibah yang tidak diharapkan. 

Premi Asuransi Terlampau Mahal

Mitos premi asuransi mahal dan tidak terjangkau, faktanya premi asuransi bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan individu masing-masing. 

Tarif premi asuransi jika dibandingkan dengan benefit yang di dapatkan tentunya lebih banyak benefit yang didapatkan. Selain itu besaran premi juga ditentukan oleh beberapa faktor seperti; objek asuransi, faktor kesehatan  dan lain sebagainya.