Reliance Logo

Makanan Penurun Kolesterol Alami Tanpa Ada Efek Samping

Apakah kamu tahu salah satu pemicu penyakit jantung yaitu kadar kolesterol yang tinggi yang berada di dalam tubuh. Lalu bagaimana cara mengontrol kolesterol di dalam tubuh? salah satu cara yang paling mudah adalah menjaga pola makan, lalu? Makanan apa saja yang bisa penurun kolesterol didalam tubuh? yuk, simak penjelasan berikut ini;

7 Makanan Penurun Kolesterol Alami Tanpa Ada Efek Samping

Berikut ini adalah 7 makanan untuk menurunkan kolestrol alami tanpa ada efek samping, simak sebagai berikut:

Ikan Salmon

Ikan Salmon salah satu jenis makanan yang dapat menurunkan kolesterol didalam tubuh, di dalam Ikan Salmon terdapat kandungan omega yang dapat menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh.

selain itu di dalam ikan salmon terdapat berbagai nutrisi seperti Vitamin D, Vitamin B-12, Vitamin B-3 Vitamin B-6 dan protein yang dapat membantu perkembangan otak, menjaga kesehatan tulang, kulit, rambut dan lainnya bagi tubuh.

Tempe dan tahu

Tempe terbuat dari kacang kedelai yang mengandung senyawa isoflavon, kandungan tersebut yang secara langsung sebagai penurun kolesterol. Selain kandungan tersebut di dalam tempe dan tahu juga terdapat kandungan fitokimia seperti fitosterol, lechitin, saponin dan asam linoleate yang berperan menurunkan kolesterol didalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi dari olahan kedelai dipercaya dapat menjaga tubuh dan menghindari dari risiko penyakit seperti stroke dan koroner

Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan, serat dalam oatmeal dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol didalam darah.

Makanan dengan berbahan dasar gandum ini sehat dan kaya akan nutrisi yang dapat dikonsumsi setiap harinya, bahkan Oatmeal bisa dijadikan pengganti nasi dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca : Makanan Berbahaya Untuk Penderita Diabetes

kacang-kacangan

Makan selanjutnya yang dapat menurunkan kolesterol adalah kacang-kacangan, seperti kacang kenari dan almond. Kandungan fitosterol didalam kacang dipercaya dapat menyerap kolesterol jahat didalam tubuh.

Akan tetapi perlu dikontrol dalam mengkonsumsi kacang-kacangan karena terdapat kalori yang cukup tinggi

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah dengan kandungan yang kaya akan lemak jenuh tunggal, kandungan tersebut dipercaya dapat menjaga kolesterol didalam tubuh.

Didalam buah alpukat juga terdapat kandungan polifenol dan fitosterol yang dipercaya ampuh turunkan kadar kolesterol didalam tubuh.

Apel

Selanjutnya, terdapat buah apel yang dapat menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh. Buat apel memiliki beberapa kandungan vitamin yang bagus untuk tubuh yang berfungsi sebagai memperlambat oksidasi kolesterol jahat. Selain buah apel juga dapat mencegah peredaran pada arteri. Mengkonsumsi buah apel dapat membuat kadar kolesterol didalam tubuh menjadi normal.

Sayuran

Sayuran yang memiliki serat tinggi dan antioksidan serta rendah kalori, dapat menjaga berat badan yang sehat. Karena itu sayuran menjadi penting untuk diet jantung. Beberapa jenis sayuran yang tinggi pektin atau serat alami, jenis sayuran tersebut adalah Terong, Okra, kentang dan Wortel.