Reliance Logo

Makanan Berbahaya untuk Penderita Diabetes yang Perlu Diwaspadai

Makanan yang sehat dan bergizi, merupakan makanan yang sangat disarankan untuk penderita diabetes. Karena dapat membantu mengendalikan dibetes dan mengurangi risiko terserang dari penyakit lain. Sebab penderita diabetes wajib menghindari makanan yang menyebabkan melonjaknya kadar gulanya didalam tubuh.

Penderia diabetes sebaiknya membatasi atau bahkan menghindari makanan yang dapat membuat kadar gula didalam tubuh meningkat, berikut makanan apa saja yang harus dihindari bagi penderita diabetes.

Nasi Putih

nasi putih adalah makanan yang perlu dihindari untuk penderita diabetes. Makanan ini mengandung Indeks glikemik yang tinggi. Tingginya glikemik didalam sebuah makanan, akan semakin cepat juga naiknya gula darah di dalam tubuh. Umumnya Dokter menyarankan menggantinya dengan nasi merah atau sumber karbohidrat lainnya.

Buah Kering

Berbagai macam jebis olahan buah kering tidak cocok untuk penderita diabetes, karena berisiko meningkatkan gula darah didalam tubuh. Buah-buahan yang dikeringkan mengandung kadar gula yang cukup tinggi di bandingkan dengan buah segar. 

Untuk kamu penderita diabetes sebaiknya menghindari makanan ini. Pilihlah buah yang segar seperti: Jeruk, Apel, Kiwi, dan Jambu Biji

Baca : Makanan Sehat untuk Pengidap Asam Lambung

Makanan Kemasan

Diluar sana banyak sekali makanan ringan kemasan dengan rasa yang manis, asin ataupun gurih. Namun, makanan ringan dalam kemasan terbuat dari olahan tepung yang tinggi kalori. Karbohidrat didalam makanan kemasan yang cukup tinggi tentunya ini berdampak buruk untuk penderita diabetes.

Sebaiknya kamu perlu memperhatikan karbohidrat di setiap makanan kemasan, atau alternatif lain untuk penderita diabetes adalah dengan memilih camilan seperti popcorn rasa original, pudding biji chia, roti gandum atau kacang alomd

Daging Olahan

Selanjutnya daging olahan. Seperti nugget, sosis, daging kaleng atau daging beku. Sebaiknya kamu pilih daging yang segar dan dimasak dengan baik dan benar.

Sereal Manis

Lalu ada sereal manis, yaps sereal manis merupakan makanan cepat saji (praktis) untuk sarapan yang didalamnya terdapat kandungan protein, karbohidrat dan juga serat. Akan tetapi tidak semua kandungan sereal sama. 

Sebab ada juga sereal yang terdapat dikit protein dan memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, dan apabila sereal mengandung karbohidrat yang cukup tinggi tentunya ini aka mempengaruhi kadar gula didalam tubuh menyebabkan tidak terkendali. Sebaiknya kamu lebih selektif dan memperhatikan isi kandungan didalamnya.

Yoghurt Berasa

Yoghurt beraneka rasa dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin tubuh, dan berisiko menyebabkan komplikasi diabetes dan apabila tidak dibatasi, sebaiknya kamu pilih yoghurt tanpa rasa karena termasuk aman buat dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Berbeda dengan yoghurt tanpa rasa, 1 porsi yoghurt aneka rasa 245 gram dapat mengandung sebanyak 31 gram gula, yang berarti 61% kalorinya adalah gula.

Lemak Trans

Pantangan selanjutnya yang perlu dihindari adalah lemak trans. Yaps, meskipun lemak trans tidak secara langsung membuat kadar gula di dalam tubuh naik. 

Namun, lemak transk dapat dapat meningkatkan peradangan resistensi insulin, peradangan dan sindrom metabolik yang menyebabkan diabetes. Lemak trans banyak ditemukan dalam margarin, selai kacang dan makanan yang diawetkan.

Produk Susu

Teruntuk penderita diabetes kamu tidak boleh sembarang mengkonsumsi susu. Meskipun nutrisi susu baik bagi tubuh. Akan tetapi susu mengandung lemak yang dapat memciu diabetes. Sebaiknya dalam mengkonsumsi susu pilihlah produk susu yang memiliki rendah lemak.

Setelah kita mengetahui pantangan makan apa saja untuk penderita diabetes. Sebaiknya juga menghindarinya. Pilihlah makanan yang sehat dan baik untuk penderita diabetes.