Reliance Logo

Jenis Olahraga Yang Tidak Ditanggung Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi kecelakaan diri memberikan manfaat asuransi kepada si penerima manfaat jika memang peserta meninggal dunia atau bahkan mengalami cacat karena kecelakaan. 

Namun, standar yang digunakan untuk menentukan kecelakaan yang ditanggung asuransi tidak sembarangan. Klaim asuransi kecelakaan dilarang dalam beberapa kasus. Salah satunya adalah kemungkinan kecelakaan yang disebabkan oleh olahraga ekstrem.

Lalu apa jenis olahraga yang dimaksudkan? Berikut adalah daftarnya:

Hiking

Siapa yang tidak suka hiking? Menghirup udara segar dan melihat pemandangan indah dari atas puncak gunung tentunya menjadi aktivitas yang menyenangkan dan membuat pikiran menjadi rileks, Yaps olahraga ini memang banyak digandrungi oleh para pencinta alam dan anak muda. 

Namun perlu kamu ketahui, Hiking atau mendaki gunung merupakan olahraga yang termasuk dalam kategori ekstrem. Apabila kamu mendaki diatas 2.500 Mdpl, perusahaan asuransi tidak menanggung hal-hal yang tidak diinginkan seperti risiko kecelakaan.

Skateboard

Skateboard merupakan olahraga yang berasal dari Amerika Serikat. Olahraga ini termasuk kedalam kategori ekstrem meskipun umumnya skateboard tidak dimainkan ditempat yang tinggi, akan tetapi gerakan dalam olahraga tersebut dinilai terlalu beresiko karena banyak gerakan di udara.

Beladiri

Apapun jenis bela diri yang kamu ikuti mulai dari pencak silat, tinju, judo, karate, Kungfu dan sebagainya. Tidak termasuk dalam cover asuransi kecelakaan diri. Dikarenakan kegiatan tersebut melibatkan pertarungan yang dapat menyebabkan cedera yang serius.

Baca : Pertanyaan Asuransi Jiwa yang Sering Ditanyakan!

Parkour

Parkour merupakan jenis olahraga yang tentunya membutuhkan fokus dan ketahanan fisik yang kuat, karena mengandalkan kecepatan dan ketepatan, orang yang melakukan parkour akan ditantang untuk melewati rintangan secara cepat dan efisien. 

Dan dalam melakukan parkur biasanya tanpa alat pengaman. Tentu saja memiliki risiko yang sangat tinggi pada saat melakukan olahraga ini, tingginya risiko yang disebabkan karena olahraga ini tentunya tidak akan ditanggung oleh asuransi.

Panjat Tebing

Salah satu kegiatan alam bebas yang sering kita temui adalah panjang tebing. Olahraga ini harus memiliki stamina yang prima, keahlian khusus dan alat-alat yang memadai. Dan ditambah dengan rintangan atau tantangan seperti batu yang licin, atau bebatuan yang jatuh dari atas tentunya olahraga ini memiliki risiko yang cukup tinggi.

Bungee jumping

Bunge jumping adalah jenis olahraga ekstrim di mana orang melompat dari ketinggian sekitar puluhan meter di atas tanah sambil diikat dengan tali pengaman yang terbuat dari karet & lateks yang mampu menahan beban sampai dengan puluhan kilogram. Olahraga ini penuh dengan risiko dan memicu adrenalin.

Arung Jeram

Arung jeram adalah olahraga menaiki perahu mengarungi sungai dengan arus yang deras. Banyak orang tertarik dengan olahraga ini karena cukup menantang, akan tetapi perlu kamu ketahui olahraga ini termasuk kedalam berbahaya, karena jika perahu terbalik aka nada risiko tenggelam dan terbentur bebatuan sungai yang dapat menyebabkan cedera yang serius.