Reliance Logo

9 Pertanyaan Seputar Asuransi Jiwa yang Sering Ditanyakan

Sampai saat ini masih banyak yang belum paham mengenai pentingnya memiliki asuransi. Wajar jika banyak sekali pertanyaan seputar yang bermunculan di tengah-tengah masyarakat. Maka dari itu, kami merangkum beberapa pertanyaan seputar asuransi umum dan asuransi jiwa. Simak penjelasan berikut ini untuk lebih memahami seputar asurasi;

Apa Itu Polis Asuransi?

Polis asuransi adalah surat perjanjian asuransi antara perusahaan asuransi dengan nasabah asuransi atau tertanggung, didalamnya polis asuransi berisi syarat dan ketentuan, hak dan kewajiban, perjanjian pengalihan resiko, manfaat yang didapat dan komitmen kedua belah pihak.

Manfaat Asuransi Jiwa?

Asuransi jiwa memiliki banyak manfaatnya salah satunya adalah memberikan perlindungan finansial kepada ahli waris. Tentunya uang tersebut dapat kamu gunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan tabungan untuk Pendidikan anak.

Bagaimana Cara Memilih Asuransi Jiwa Yang Baik & Tepat?

  • Ada beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan kamu dalam memilih asuransi jiwa;
    Tarif premi, idealnya tarif premi asuransi jiwa 10-20 persen dari pendapatan bulan kamu
  • Manfaat yang diberikan, perlu diketahui terdapat beberapa jenis asuransi jiwa yang bisa memberikan manfaat yang berbeda-beda. Mulai dari tabungan, perlindungan seumur hidup atau ditentukan hingga sebagai investasi
  • Reputasi perusahaan, pilihlah perusahaan yang memiliki rekam jejak yang baik, dan pelajari profilnya. Seperti Reliance Life yang sudah berizini dan diawasi otoritas jasa keuangan.

Baca : Mengungkap 4 Kesalahpahaman Umum Tentang Asuransi

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mempunyai Asuransi Jiwa?

Semakin cepat kamu mempunyai asuransi jiwa semakin murah premi yang ditawarkan

Bagaimana Perusahaan Asuransi Menentukan Tarif Premi Asuransi?

Perusahaan asuransi menentukan tarif premi asuransi berdasarkan dari profile calon nasabah, ada beberapa fakto yang menjadi besaran tarif premi asuransi

  1. Usia
  2. Riwayat medis
  3. Gaya hidup
  4. Jangka waktu masa perlindungan, dan
  5. Nilai uang pertanggungan
  6. Apakah Premi Asuransi Akan Dikembalikan Ke Nasabah

Pertanyaan ini termasuk salah satu pertanyaan yang sering diajukun oleh calon nasabah ataupun di masyarkat pada umumnya. Dan pengembalian uang merupakan salah pertimbangan nasabah dalam membeli asuransi.

Maka, jawaban dari pertanyaan ini adalah tergantung dari jenis asuransi apa yang kamu beli. Ada beberapa produk asuransi yang memberikan fitur pengembalian premi. Fitur ini memberikan pengembalian dengan dengan syarat dan ketentuan yang sudah diatur. 

Seperti dalam kurun waktu tertentu tidak ada klaim, maka kamu akan mendapatkan pengembalian premi. Fitur ini biasanya ditawarkan oleh asuransi kesehatan dan jiwa.

Kenapa Perlu Memiliki Asuransi?

Banyak hal yang tak terduga yang bisa terjadi dalam hidup ini, kita tidak akan tau apa yang akan terjadi di masa depan nanti, ada baiknya kita perlu mempersiapkan diri dan keluarga untuk memiliki asuransi. Asuransi diperlukan untuk memberikan perlindungan secara finansial untuk kamu dan keluarga kamu dari musibah atau risiko yang tak terduga yang bisa terjadi di masa depan. Dan mengingat biaya pengobatan dan perawatan rumah sakit yang mahal. Tentunya jika kamu memiliki asuransi akan mengurangi beban finansial yang kamu harus keluarkan, karena biaya tersebut di cover oleh asuransi.

Apa Saja Yang Di Tanggung Asuransi Jiwa?

Inforasi mengenai apa saja yang ditanggung asuransi jiwa tercantum dalam polis yang telah kamu sepakati dengan perusahaan asuransi. Umumnya asurani jiwa akan memberikan uang pertanggungan kepada penerima Manfaat atau ahli waris apabila Peserta meninggal dunia atau mengalami cacat karena kecelakaan.

Apa Yang Akan Terjadi Bila Nasabah Lupa Membayar Premi?

Kewajiban nasabah asuransi adalah membayar premi secara tepat waktu, lalu bagaimana jika lupa atau kelewat dalam membayar premi, berikut akibatnya jika nasabah telat membayar premi;

  1. status kepesertaan akan ditangguhkan sementara, Perusahaan asuransi akan mmenghentikan sementara waktu hinga kamu melunasi premi yang telah disepakati. Pada saat ditaguhkan berarti kamu tidak mendapatkan manfaat dari produk asuransi atau bahkan mengajukan klaim.
  2. Kena denda.
  3. Status kepesertaan kamu akan diblokir, dan apabila tak kunjung membayarnya kemungkinan terburuknya status kamu akan dinonaktifkan oleh perusahaan asuransi. Yang berarti kamu tidak dapat merasakan lagi manfaat asuransi.

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Jiwa?

Setiap perusahaan asuransi jiwa memiliki kebijkan yang berbeda-beda, dan kelengkapan dokumen juga mempengaruhi lama proses asuransi jiwa, namun pada umumnya cara klaim asuransi jiwa sbegai berikut;

  1. Mengisi formulir pengajuan klaim
  2. Melengkapi persyatan dokumen yang dibutuhkan, umumnya seperti ini;
  • Polis asli
  • Keterangan meninggal dunia dari dokter
  • Surat keterangan medis
  • Fotocopy identitas penanggung
  • Fotocopy identitas ahli waris
  • Fotocopy kartu keluarga
  • Dokumen lainnya sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan asuransi