Reliance Logo

Tips Olahraga Di Bulan Puasa

Tips olahraga di bulan puasa

Olahraga merupakan kegiatan positif yang dapat menyehatkan tubuh kita. Namun pada saat bulan puasa ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan saat ingin berolahraga. Cari waktu yang tepat dan jenis olahraga yang ringan pada saat puasa. Yuk kita cari tau manfaat olahraga dan tips menjalaninya sebagai berikut:

1.  Pilih waktu berolahraga

Waktu yang cocok untuk berolahraga pada saat bulan ramadhan adalah setelah berbuka puasa. Karena tubuh kita sudah mendapatkan asupan energi dari makan dan minuman.

Pilihan waktu lainnya yaitu pada saat menjelang buka puasa kurang dari 30-60 menit, karena setelah itu tubuh kita akan kembali mendapatkan asupan energi pada saat berbuka. Sebelum berolahraga perlu diketahui bahwa waktu berolahraga pada saat bulan puasa menyesuaikan dengan kondisi tubuh kondisi kamu.

2. Jenis olahraga

Saat sedang berpuasa pilihlah olahraga dengan intensitas ringan seperi; bersepeda, yoga, pilates, berjalan kaki atau lompat tali. Hindari olahraga berat seperti sepak bola, badminton, bulutangkis, futsal, renang dan maraton.

Lakukan olahraga ringan 30 menit selam 3-4 kali dalam seminggu, dengan begitu dapat menjaga tubuh kamu terhindar dari dehidrasi dan dapat membuat kadar gula darah menurun

3. Jaga pola makan gizi seimbang

Selama berpuasa kamu hanya makan saat saur hingga berbuka. Untuk dapat beraktivitas dengan normal dan berolahraga kamu perlu memperhatikan asupan makanan bergizi pada rentang waktu tersebut. Usahakan untuk tetap mengkonsumsi makanan yang berigizi dalam jumlah yang sama setiap harinya, tidak kekurangan dan tidak juga berlebihan.

4. Perbanyak minum air putih

Kamu bisa mencukupi kebutuhan cairan kamu dengan minimal minum 8 gelas perhari, selalu bawa botol minum milikmu agar teratur minum diantara waktu berbuka dan sahur.

Manfaat berolahraga saat berpuasa dapat meningkatkan produksi hormon testosteron, menjaga berat badan, meningkatkan konsentrasi, yuk tetap berolahraga rutin saat berpuasa untuk terus semangat dan produktif selama bulan ramadhan