Reliance Logo

Tips Milenial Mengatur Keuangan

Financial planning atau perencanaan keuangan adalah strategi untuk mencapai tujuan hidup. Terlebih, bagi para anak muda milenial yang sudah memiliki penghasilan sendiri, maka financial planning jadi hal yang sangat penting.

Melalui pengelolaan keuangan, seseorang bisa menghindari sifat boros supaya menjaga kondisi keuangan tetap stabil. Tak hanya itu, pengelolaan keuangan juga bisa memberikan ‘arti dan arah’ soal bagaimana dibalik keputusannya dalam membelanjakan uang, sebab dapat berdampak ke area lain dari keseluruhan situasi keuangan dirinya di masa mendatang bahkan untuk persiapan biaya berkeluarga kelak

Buat rencana keuangan yang jelas

Tips mengelola keuangan milenial yang pertama perlu kamu lakukan adalah dengan memiliki tujuan dan rencana keuangan yang jelas. Sebab, dengan ini kamu menjadi bisa lebih mudah dalam menentukan perencanaan finansial seperti apa yang ingin dilakukan. Sehingga pada nantinya, proporsi dalam pengeluaran juga bisa menjadi tepat sebagaimana mestinya.

Jangan Berhutang jika tidak mendesak

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, sudah banyak sekali dompet digital yang menawarkan fitur “PayLater” untuk para pengguna setianya, dimana mereka bisa membeli barang sekarang, dan membayarnya bulan depan atau dalam sistem cicilan.

Nah, hadirnya fitur ini terkadang membuat banyak orang menjadi tergoda untuk memanfaat PayLater demi membeli barang-barang yang bersifat konsumtif. Padahal, PayLater itu sendiri juga termasuk ke dalam berhutang lho, sehingga kamu tetap harus membayar dan melunasinya. Walaupun umumnya fitur satu ini ditawarkan bersamaan dengan limit, tak jarang orang yang menggunakannya hingga mencapai batas maksimal, yang membuat cicilan selalu ada setiap bulannya. Adanya cicilan setiap bulan jelas menjadi kendala tersendiri, karena kamu terpaksa harus menyisihkan uang untuk melunasi cicilan, dibandingkan mengalokasikannya ke rekening tabungan.

Berinvestasi Sejak Dini

Tips mengelola keuangan milenial yang akan kita bahas selanjutnya adalah mengenai pentingnya berinvestasi sejak dini. Mempersiapkan masa depan memang harus dilakukan sejak muda. Selain menabung, investasi juga merupakan salah satu solusi yang bisa kamu lakukan untuk dapat mencapai berbagai tujuan keuangan di masa yang akan datang dengan lebih mudah

Menabung

Tips mengelola keuangan milenial yang akan kita bahas terakhir di dalam kesempatan kali ini adalah dengan selalu rutin menabung, bahkan sejak pertama kali mendapatkan pekerjaan atau penghasilan tetap.

Konsep menabung itu sendiri memang mungkin sudah diketahui oleh banyak orang, akan tetapi sebagian besar hanya menyisihkan sedikit pendapatan untuk ditabung. Padahal, alangkah lebih baiknya apabila dana tabungan lebih besar dari itu. Sebab, pada nantinya tabungan ini bisa dijadikan sebagai bentuk antisipasi kebutuhan di masa yang akan datang, seperti membeli rumah, modal usaha, dana darurat, melanjutkan pendidikan, hingga menikah.