Reliance Logo

Tips Memilih Asuransi Jiwa

Di masyarakat secara umum, belum mengetahui dan mengerti tentang asuransi jiwa, apakah itu menjadi kebutuhan dan bagaimana cara memilih produk asuransi jiwa yang sesuai kebutuhan.
Asuransi Jiwa adalah asuransi yang memberikan uang pertanggungan kepada keluarga atau ahli waris yang disebabkan dari nasabah meninggalkan dunia yang disebabkan karena terjadi kecelakaan ataupun resiko yang dialaminya tanpa sengaja.

Asuransi jiwa bertujuan untuk menanggung kerugian finansial keluarga yang ditinggalkan nasabah karena meninggal dunia yang disebabkan karna hal atau resiko yang tidak diinginkan. Asuransi jiwa memberikan uang kepada ahli waris sesuai dalam kesepakatan dalam polis. Uang tersebut dapat  kamu gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Asuransi jiwa ibaratkan sebagai payung dirumah, jas hujan di motor, pelampung di kapal. Karena berguna pada saat tertentu namun sering dilupakan saat keadaan aman. Jadi asuransi jiwa sangat diperlukan untuk resiko yang tidak diinginkan di masa depan nanti, lalu bagaimana caranya memilih asuransi jiwa ?


1. Pilih perusahaan asuransi yang memiliki kondisi keuangan yang sehat

Untuk melihat tingkat kesehatan dari perusahaan asuransi dapat diukur dari Risk based Capital (RBC), yang sederhananya diartikan adalah perbandingan total asset perusahaan dibanding denagn resiko klaim. Pemerintah memberikan stkamurd 120% untuk Risk based Capital (RBC). Semakin tinggi nilai RBC perusahaan asuransi, maka semakin sehat perusahaan tersebut.

2. Belilah asuransi ketika kondisi kesehatan kamu sedang baik

Saat Kondisi kesehatan kamu normal atau sedang baik-baik saja, merupakan waktu yang tepat untuk kamu membeli asuransi karena premi asuransi yang dibayarkan akan minimal dibandingkan jika membeli pada saat sudah sakit. Bahkan jika kamu membeli dalam kondisi kesehatan yang tidak baik, perusahaan asuransi akan menolak jika tidak sesuai dengan persyaratan. 

3. Piilih asuransi sesuai kebutuhan kamu

Pilih produk asuransi sesuai dengan kebutuhan kamu, misalnya: asuransi untuk dana pensiun, asuransi untuk rumah, atau asuransi kesehatan, baca dengan detail di dalam polis asuransi syarat dan kententuannya.

4. Cari tau lewat teman dan kerabat

Kamu juga dapat menanyakan asuransi kepada teman atau kerabat yang sudah membeli asuransi. Agar nantinya mendapatkan informasi untuk klaim ataupun kemudahan lainnya.

 5. Selektif dalam memilih produk asuransi

Perusahaan asuransi bukan hanya satu, dua tapi bahkan puluhan. Untuk itu kamu harus lebih cermat dalam memilih perusahaan asuransi dengan membandingkan produk asuransi perusahaan A, B, C dengan D,E,F sampai kamu menemukan produk yang cocok yang sesuai dengan kebutuhan kamu. 

6. Konsultasi dengan agen asuransi

Jika kamu sudah memiliki gambaran awal tentang produk asuransi, kamu juga dapat berkonsultasi dengan agen asuransi tersebut untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan menyeluruh.

7. Baca dengan teliti dan detail polis asuransi

Setelah memutuskan untuk membeli asuransi, cek terlebih dahulu polis asuransi. Baca dengan cermat dan teliti polis asuransi dan pastikan isi polis asuransi sudah sesuai dengan keinginan kamu.

Terakhir, Last but not least adalah gunakan logika dibandingkan dengan emosi. Jangan memilih produk asuransi karena agennya adalah teman atau saudara kamu. Tetapi pilihlah produk asuransi yang berdasarkan kriteria diatas.