Reliance Logo

Tips Bukber, Gak Bikin Kantong Boncos!

Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah bagi kita semua yang menjalani ibadah puasa terutama umat muslim, dibulan ramadhan juga sebagai ajang silahturahmi antara sesama lewat acara bukber atau buka bersama. Tentunya sangat mengasyikkan pada saat berjumpa kembali dengan teman-teman atau kerabat lewat bukber.

Namun, perlu diperhatikan kondisi finansial kamu bila bukber terlalu sering dilakukan tentunya ini akan membuat kamu semakin boros. Untuk itu perhatikan tips berikut agar keuanganmu tetap aman tidak boncos selama bulan ramadhan.

1. Pilah-pilih acara bukber

Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah kamu bisa pilah-pilih acara bukber yang mau kamu datangi, kamu bisa membuat skala prioritas acara mana yang mau kamu kunjungi atau yang tidak kamu hadiri. Yakni kamu bisa menghadiri bukber yang berisi teman-teman terdekat kamu atau orang yang memberikan value kepada diri kamu.

Dengan begitu kamu tidak perlu menghadiri semua acara bukber yang ditunjukkan terhadap diri kamu, tentunya ini akan berdampak baik untuk keuangan kamu agar tidak boncos.but.

 

2. Buka dirumah

Jangan terlalu sering buka bersama di mall atau di restauran sesekali lakukan buka bersama dirumah bersama keluarga. 

 

3. Manfaatkan promo

Tips berikutnya kamu bisa memanfaatkan promo dari restauran. Kamu dapat mengecek di media sosial restauran mana saja yang sedang ada promo menawarkan harga terjangkau untuk buka bersama. Promo tersebut dapat kamu manfaat untuk buka bersama dengan teman kamu. Selain mendapatkan keuntungan dari makanan yang enak kamu juga mendapatkan tempat yang proper.

 

4. Cari alternatif bukber

Bukber identik berkumpul diluar atau di restauran, kamu bisa berkumpul berasama teman-teman atau kerabat dengan cara lebih hemat. Dengan mengganti acara bukber diluar dengan alternatif lain yaitu berkumpul disalah satu rumah dan ajak teman kamu untuk potluck atau membuat masakan bersama teman-teman kamu, dengan begitu akan menambah kehangatan suasana silahtuhrahmi dengan teman-teman kamu karena memiliki waktu yang panjang, tidak seperti di restauran yang biasanya di batasi dengan waktu.

 

5. Membuat anggaran selama bulan ramadhan

Buatlah rancangan anggaran keuangan selama bulan ramadhan, ini menjadi penting buat kamu, dengan begitu tentunya kamu dapat mengontrol pengeluaran selama bulan ramadhan. Buat anggaran keuangan sesuai dengan kondisi keuangan kamu dan yang tidak kalah penting adalah jangan termakan oleh gengsi dan rasa tidak enakan dengan mengikuti semua acara bukber, tentunya hal tersebut akan membuat kondisi keuangan kamu boncos.