Reliance Logo

Tips Bijak Dalam Mengelola Dompet Digital

Tips bijak dalam mengelola dompet digital

Layanan dompet digital atau e-wallet memang menawarkan kemudahan transaksi bagi kita. Terlebih di era sekarang hampir semua toko offline sudah menerima pembayaran melalui dompet digital. Namun jika kita tidak bijak mengelola dompet digital kita tentunya ini akan menjadi dua mata pisau buat kita, karena kemudahan transaksi dengan dompet digital berisiko membuat kita lebih boros dalam berbelanja.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak terkontrol, berikut tips mengelola dompet digital:

  1. Atur budget pada dompet digital kamu

Tetapkan budget pada dompet digital kamu, supaya menghindari pemborosan saat berbelanja. Jadi kamu bisa mengatur budget untuk dompet digital dengan, misalnya Rp 400,000 ribu rupiah perbulan. dengan begitu kamu akan meminimalkan belanja agar tidak boros sesuai dengan budget yang kamu sudah tetapkan.

2. Gunakan seperlunya

untuk menghindari boros, gunakan dompet digital kamu secara seperlunya. Tentukan dompet digital untuk melakukan pembayara apa.seperti untuk membayar transportasi online atau untuk membayar tagihan seperti internet, listrik.

3. Hindari penggunaan dompet digital dalam satu waktu

Untuk kamu yang memiliki dompet digital lebih dari 1 sebaiknya hindari transaksi secara bersamaan. Hal ini tentunya akan membuat kamu lebih boros karena akan timbul ingin belanja lagi karena masih memiliki dompet digital yang lain. Kamu harus pandai membedakan antara keinginan dan kebutuhan agar terhindar dari pemborosan.

4. Hindari penggunaan paylater

Paylater memang bermanfaat ketika saldo di dompet digital kamu menipis. Paylater ini bisa kamu manfaat jika memang ada kebutuhan yang sangat mendesak. Tetapi jika ada kebutuhan yang tidak mendesak sebaiknya jangan menggunakan fitur ini, mengingat biaya administrasi kira-kira 2-6% yang akan kamu tanggung. 

5. Monitoring pengeluaran dompet digital kamu

Dan yang terakhir selalu monitoring pengeluaran dompet digital kamu secara berkala, karena bisa jadi pengeluaranmu berbeda bulan ini dengan bulan sebelemunnya. Dengan begitu kamu bisa mengetahui pengeluaran terbesar kamu apa, dan bisa lebih bijak lagi mengatur pengeluaran dompet digital untuk bulan depan