Reliance Logo

Tips Aman Berinvestasi Emas Untuk Pemula

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang populer di masyarakat, emas sendiri adalah logam mulia yang bersifat lunak mudah di tempa untuk jadikan benda berharga seperti perhiasan.

Sebagai benda berharga emas juga cocok untuk dijadikan instrumen investasi karena nilainya cenderung tinggi dari logam mulia lainya seperti platinum dan paladium. Hal tersebut membuat emas cocok dijadikan investasi.

Karena nilainya yang cukup tinggi dan popularitasnya terus meningkat dari masa ke masa, membuat banyak orang tertarik dan beralih untuk berinvestasi emas, apabila kamu salah satu yang tertarik untuk berinvestasi emas, berikut tips aman berinvestasi emas buat kamu, berikut ulasannya:

Tips Aman Berinvestasi Emas Untuk Pemula 

1 Pastikan tujuan investasi emas

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tujuan investasi emas kamu kearah mana, banyak tujuan investasi emas yang bisa dijadikan target seperti contoh untuk modal usaha, dana pendidikan anak, tabungan pernikahan atau tabungan hari tua.

Setelah mengetahui tujuanmu apa perlu diingat, emas yang dibeli harus sesuai dengan kemampuan finansial kamu. Kamu bisa memulai dengan membeli emas dengan nilai gram kecil terlebih dahulu menyesuaikan dengan kondisi ekonomi kamu.

2. Cek harga emas secara berkala

Pantau harga emas secara berkala, di era digital zaman sekarang tidak sulit untuk memantau perkembangan harga emas. Banyak situs di internet yang menampilkan harga emas secara up to date setiap harinya. Tidak hanya di website terdapat juga aplikasi pada ponsel yang dapat menampilkan harga emas setiap harinya

Apa Tujuan dari kamu cek harga emas secara berkala ? Meski dikenal dengan harga yang cenderung stabil namun terkadang emas juga mengalami harga penurunan. Meskipun jarang, namun tidak salah mencoba membelinya ketika harga turun. Dan ketika harganya melonjak tinggi kamu juga bisa menjualnya untuk mendapatkan keuntungan. Namun sebaiknya gunakan investasi emas untuk jangka panjang yaitu dalam kurun waktu 5-10 tahun.

3. Membeli emas di tempat yang terpecaya

Banyak sekali tempat-tempat yang menjual emas baik secara offline maupun online, namun sebaiknya kamu pada saat membeli emas pilih tempat-tempat yang menjual secara resmi, yaitu menjual emas dengan menyertakan sertifikat dan surat-surat.

Salah satu tempat yang resmi dan terpercaya adalah PT ANTAM. Kamu bisa membelinya langsung di gerai kantor PT ANTAM atau situs e-commerce yang menjualnya langsung dari PT ANTAM secara resmi. Atau buka rekening tabungan emas di pegadaian. Keduanya merupakan BUMN yang dapat di percaya.

4. Simpan di tempat yang aman

Salah satu tips menyimpan emas yang aman adalah dirumah sendiri didalam brankas atau safety box. Atau jika kamu memiliki budget tambahan kamu bisa simpan di safety deposit bank yang disediakan pihak bank, tentunya jauh lebih aman dan bisa kamu gabung dengan surat-surat berharga lainnya seperti sertifikat rumah, dll untuk di simpan.

5. Fokus masa depan

Perlu kamu ketahui invetasi emas merupakan tabungan masa depan yang sifatnya dapat kamu rasakan dalam 5 sampai 10 tahun ke depan. Perlu kesabaran untuk melihat hasilnya. Investasi berbeda dengan jual beli, jual beli mendapatkan keuntungan secara cepat. Karena itu dalam investasi emas kamu harus fokus dapat tujuan di masa depan apa yang ingin kamu capai.