Reliance Logo

Reasuransi : Arti, Tujuan dan Bedanya dengan asuransi

Apa itu Reasuransi ?

kita sering mendengar kata Reasuransi, sebenarnya apa yang membedakan asuransi dan reasuransi tersebut. Berikut pengertian mengenai arti kata Reasuransi. Reasuransi adalah merupakan bagian dari pada Asuransi. Sederhannya Reasuransi adalah perusahaan asuransi yang melindungi asset keuangan dan kerugian yang disebabkan pembayaran klaim oleh nasabah karena perlindungan keuangan perusasahaan. Dengan begitu perusahaan asuransi bisa mendapatkan perlindungan secara finansial terhadap resiko tertentu.

Tujuan Reasuransi

Reasuransi untuk perusahaan asuransi memliki tujuan sebagai berikut

1. Capacity Boosting

Tujuannya adalah untuk memperbesar dalam hal jumlah pertanggungan.

2. Removal of Uncertainty

Tujuannya selanjutnya adalah untuk menstabilkan perusahaan asuransi dari resiko kerugian dengan cara seperti menghilangkan frekuensi resiko kerugian dan seberapa besar kerugian itu akan terjadi.

3. Confidence

Selain untuk menstabilkan perusahaan asuransi, reasuransi juga dapat meningkatkan kepercayaan kepada perusahaan asuransi untuk meningkatkan klaim investasi.

4. Catasthrope Protection

Tujuan lainnya untuk melindungi perusahaan asuransi dari resiko jumlah yang besar.

5. Spread Of Risk

Terakhir, tujuan dari reasuransi adalah mengalihkan kerugian dari perusahaan asuransi kepada reasuransi, karena reasuransi berfungsi sebagai alat pembaki resiko.

 

Apa bedanya Asuransi dan Reasuransi

Sekilas Asuransi dan Reasuransi mirip. Pedahal keduanya memiliki perbedaaan, yakni sebagai berikut:

1.Hubungan dengan tertanggaung atau nasabah

Perusahaan reasuransi tidak memiliki hubungan dengan tertanggung atau nasabah, karena reasuransi hanya bekerja sama dengan perusahaan asuransi

2. Segmentasi

Perusahaan reasuransi menyasar pada bisnis to Business to Business (B2B) yaitu perusahaan asuransi. Sedangan target pasar dari perusahaan asuransi biasanya yaitu (B2C) Business to consumer.