Reliance Logo

Ragam Makanan Ajaib Untuk Kesehatan

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi, vitamin dan karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh. Didalamnya meliputi sumber protein, serat, karbohidrat dan nutrisi lainnya. Memilih makanan yang bernutrisi tentunya kamu akan peduli dengan kesehatanmu.

Makanan sehat juga dapat memberikan energi dan tenaga untuk beraktivitas dengan lancar. Makanan ini juga dapat membantu pertumbuhan tubuh dan pikiran anak-anak secara sempurna.

Untuk mendapatkan pemahaman lebih lanjut tentang jenis makanan yang sehat, silahkan menyimak penjelasan berikut, yang akan membahas lebih lanjut tentang topik ini.

Ikan

Menurut banyak penelitian, mengkonsumsi ikan secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan kamu. Ikan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti ikan Tuna dan Salmon adalah ikan berlemak dan baik untuk kesehatan. 

Selain mengandung omega-3 yang tinggi, ikan juga memiliki kandungan protein yang tinggi, vitamin D, kalsium dan yodium yang baik untuk kesehatan mata dan perkembangan otak.

Selain itu mengkonsumsi ikan juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan mineral seperti kalsium, kalium, dan magnesium dalam ikan ini membantu menurunkan tekanan darah. kalium menjaga detak jantung tetap normal. Kalsium juga membantu membuka dan menutup pembuluh darah saat diperlukan.

Ikan mengandung asam omega-3 yang dapat menurunkan kolesterol, lemak, dan trigliserida dalam darah, yang membantu mengurangi penyumbatan pembuluh darah yang dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit jantung, termasuk serangan jantung dan stroke.

Kacang

Didalam kacang terdapat kurang lebih 80% kandungan lemak tak jenuh yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya kandungan lemak jenuh yang tinggi, kacang juga memiliki kandungan kalori yang tinggi sehingga kamu harus memperhatikan jumlah kacang yang kamu makan.

kamu disarankan untuk makan sekitar empat porsi kacang setiap minggu, dengan satu porsi setara dengan 42,5 gram kacang. Kamu juga harus makan kacang panggang dengan kadar garam yang rendah untuk mendapatkan manfaat terbaik dari kacang. Berikut manfaat kacang.

Menurunkan kolesterol Jahat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tentunya hal ini dianggap dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Didalam sebuah kacang terdapat kandungan fitosterol, berfungsi untuk mengurangi jumlah kolesterol yang diserap ke dalam aliran darah dari saluran cerna.

Menurunkan berat badan

kacang-kacangan mengandung banyak kalori, penelitian menunjukkan bahwa makan banyak kacang dapat membantu menurunkan berat badan. Ini karena tubuh tidak menyerap semua kalori yang terkandung dalam kacang. 

Jadi, kacang sangat cocok untuk dijadikan menu diet karena tinggi serat membuat kenyang lebih lama.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Konsumsi kacang dalam jumlah yang cukup bisa menurunkan risiko terkena tekanan darah tinggi & penyakit jantung karena kacang diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol serta meningkatkan fungsi arteri.

Bawang Putih

Bawang putih adalah rempah-rempah yang ada di beberapa negara, termasuk Indonesia. Ini adalah bahan yang sering digunakan di dapur dan memiliki banyak manfaat yang akan Kamu nikmati.

Meskipun baunya yang menyengat, bawang putih memiliki banyak manfaat kesehatan. Kamu dapat mendapatkan manfaat ini dengan berbagai cara, seperti memakannya secara mentah, mengolahnya dengan makanan lain, atau mengambil ekstrak bawang putih sebagai suplemen. Berikut manfaat dari bawang putih.

Menurunkan tekanan darah tinggi

bawang putih diketahui mampu menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan allicin nya yang dapat membuat pembuluh darah rileks, yang memungkinkan aliran darah berjalan lancar dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Meredakan infeksi, radang, dan pilek 

Bawang putih kaya akan kandungan allicin, senyawa tersebut memiliki sifat antivirus, antimikroba, dan antijamur, mengkonsumsi bawang putih mentah bisa meredakan radang, infeksi, dan pilek.

Kedelai

Di Indonesia, kacang kedelai adalah sumber protein nabati utama. Selain itu, biji kacang kedelai mengandung vitamin dan lemak yang tubuh butuhkan. Faktanya, kita dapat melihat banyak makanan dan minuman yang dibuat dengan kacang kedelai sebagai bahan utama. 

Ini termasuk tahu, tempe, tepung kacang kedelai, susu kedelai, makanan ringan, dan minyak kedelai.

Kacang kedelai memiliki banyak manfaat kesehatan selain banyak olahan yang dapat dibuat menjadi makanan dan minuman yang lezat. Menurut banyak dokter, kacang kedelai adalah sumber protein nabati terbaik. 

Studi menunjukkan bahwa setiap 100 gram manfaat kacang kedelai mengandung lebih dari 17 gram protein. Selain itu, kacang kedelai memiliki banyak manfaat, seperti: Menurunkan tingkat gula pada darah, membuat kenyang lebih lama, melancarkan pencernaan, aman dikonsumsi untuk anak dan balita.

Coklat Hitam

Apakah kamu suka makan coklat hitam? Cokelat hitam mengandung banyak mineral, seperti zinc, magnesium, dan zat besi. Cokelat hitam juga mengandung antioksidan yang disebut flavonoid, yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Cokelat berasal dari kakao, tanaman yang memiliki banyak mineral dan antioksidan. Produk coklat susu yang biasa dijual biasanya mengandung gula, susu, kakao, dan cocoa butter dalam jumlah kecil, tetapi coklat hitam memiliki lebih banyak kakao dan lebih sedikit gula daripada coklat susu. 

Sebagai salah satu makanan sehat, ini yang bisa kamu dapatkan ketika mengkonsumsi makanan sehat, seperti menjaga kesehatan jantung, mengurangi resiko diabetes, menghambat penuaan dini pada kulit, serta dapat mengurangi depresi dan kecemasan.

Gandum

Gandum mengandung banyak nutrisi, seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan, yang sangat baik untuk kesehatan. Gandum memiliki kadar karbohidrat yang tinggi, hampir sama dengan beras. Karena banyaknya serat, gandum baik untuk pencernaan. 

Selain itu, gandum mengandung gluten sebagai protein. Gandum juga bermanfaat sebagai sumber mineral dan vitamin seperti folat, tembaga, fosfor, mangan, dan selenium selain tiga kandungan di atas. Selain itu, gandum yang diolah menjadi tepung mengandung antioksidan seperti lignan dan alkylresorcinols.

Kandungan gizi biji gandum ini sangat tinggi dari karbohidrat 60 sampai 80%, protein 10 sampai 20%, lemak 2 sampai 2,5%, mineral 4 sampai 4,5%, dan vitamin lainnya. Tidak mengherankan jika gandum sekarang menjadi salah satu pilihan makanan sehat dan bergizi.