Reliance Logo

Pola Hidup Sehat Untuk Cegah Asam Lambung Naik

Pola Hidup Sehat Untuk Cegah Asam Lambung Naik

Dikutip dari halodoc.com (Jumat, 17/03/2023) penyakit lambung kondisi ketika asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan. Kondisi ini dapat menimbulkan nyeri pada ulu hati, heartburn, serta berbagai gejala lainnya pada area dada bagian bawah dan perut. Salah satu penyebab asam lambung naik dari pola makan yang tidak teratur dan sering telat untuk makan. Beberapa gejala asam lambung nyeri pada ulu hati, kembung hingga mual.

Bagi kamu penderita asam lambung berikut beberapa cara untuk mencegahnya:

1. Hindari makanan tertentu 

Bagi kamu penderita asam lambung hindari makan tertentu yang membuat asam lambung naik. Antara lain makanan yang kamu harus hindari makanan pedas, makan berlemak, mint, kafein, alkohol, coklat, bawang putih dan merah. Kamu harus lebih selektif dalam memilih makanan agar dapat mencegah terjadinya asam lambung naik.

Ada beberapa makanan yang cocok buat kamu penderita asam lambung, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung banyak air, dan penderita asam dapat mengganti cara memasaknya dengan di panggang, direbus dan dikukus.

 

2. Hindari minuman bersoda

Minuman bersoda mengandung asam karbonan yang sangat asam. Hal tersebut dapat merusak fungsi organ dan menyebabkan asam lambung naik. 

Minuman bersoda dapat memperburuk penyakit asam lambung karena ada tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah, yang dapat membuat tubuh bersendawa. Gas sendawa itu aka mengirim asam di lambung ke kerongkongan.

 

3. Minum air putih yang cukup

Mengkonsumsi air putih yang cukup bagi tubuh dapat membantu memperlancar kinerja lambung dan membuat tubuh kamu terhindar dari dehidrasi.

 

4. Menghindari rokok

Didalam rokok mengandung nikotin yang dapat memicu naiknya asam lambung. merokok juga dapat mengurangi produksi air liur yang dapat melawan efek refluks asam lambung naik ke kerongkongan sehingga sulit dinetralkan dan menyebabkan terkena asam lambung.

 

5. Pola hidup sehat

Kamu dapat menerapkan pola hidup sehat dengan makan teratur, rajin berolahraga dan tidur teratur, dapat membantu tubuh kamu terhindar dari berbagai macam penyakit. Kamu juga dapat mengatur porsi makan kamu sekitar 5 sampai 6 kali sehari dalam porsi kecil untuk mencegah asam lambung. Dan jangan lupa tidur 8 jam sehari dapat membantu tubuh kamu bersemangat lagi dalam beraktivitas