Reliance Logo

Masih Muda Ko Sering Lupa kenapa ya?

Menjadi pelupa merupakan fase yang terjadi ketika seseorang memasuki Lansia (Lanjut Usia), pada kondisi tersebut faktor penuaan merupakan hal yang wajar karena sudah memasuki lansia dimana tubuh sudah tidak produktif lagi. Namun demikian terkadang tidak hanya orang tua aja, tetapi seserang di usia muda sering merasa lupa atas berbagai hal. Berbeda dengan lansia, kawula muda yang mudah lupa biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Dikutip dari website Hallosehat.com Rabu (05/02/2023), terdapat beberapa faktor seseorang di usia muda menjadi mudah lupa, berikut ;

1.  Stres, Kecemasan Dan Depresi

Stress, kecemasan dan depresi sering kali menyerang kawula muda. Kondisi ini timbul bisa karena pekerjaan, sekolah, masalah dengan keluarga, teman ataupun pasangan. Masalah-masalah yang hadir tersebut, dapat menggangu konsentrasi kamu, sehingga dapat mempengaruhi daya ingat.

 

2. Kurang Tidur

Kurang tidur memiliki banyak sekali dampak buruk bagi tubuh salah satunya adalah menjadi mudah lupa. Untuk kamu yang masih muda kemungkinan banyak sekali memiliki ragam aktivitas yang dapat membuat jam tidur kamu menjadi terganggu sehingga tak cukup tidur. efek samping dari kurang tidur ini dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan kecemasan yang selanjutnya menimbulkan masalah ingatan.

 

3. Pola Makan Yang Buruk

Tidak hanya kurang tidur, stress cemas dan depresi. Seseorang yang masih muda menganggap diri mereka masih sehat sehingga seringkali tidak memperdulikan pola makan yang sehat. Mengkonsumsi makanan secara berlebihan dan sembarangan, padahal tanpa disadari mengkonsumsi makanan secara berlebihan yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh dapat memperburuk daya ingat seseorang.

Lemak jenuh dan lemak trans berpengaruh terhadap daya ingat di lansir dari  Harvard Health Publishing, hubungan diantar keduanya mungkin dimediasi oleh gen apolipoprotein E (APOE). Gen tersebut berkaitan dengan jumlah kolesterol didalam darah dan orang dengan variasi gen ini lebih berisiko terkena masalah memori, termasuk demensia.

 

4. Kebiasaan Mengkonsumsi Alkohol

Informasi mengenai dampak buruk dari minum alkohol sudah sering kali kita lihat, minum alkohol berdampak buruk untuk kesehatan tubuh kita. Seseorang yang masih muda lalu dia minum-minuman alkohol dapat menggangu memori jangka pendek. Kurangi minuman beralkohol untuk meminimalisir efek tersebut.

 

5. Konsumsi Obatan Tertentu

Sebagian orang yang masih muda memiliki kondisi medis tertentu sehingga diperlukan untuk mengkonsumsi obat-obat.  Obat-obatan memiliki efek samping yaitu sedasi atau linglung sehingga dapat menyebabkan sering lupa di usia muda

 

7. Masalah Tiroid

Hipotiroidisme atau disebut hipotiroid adalah kondisi yang terjadi saat kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi memori serta menggangu tidur dan memicu depresi, yang semua itu menyebabkan menjadi seseorang pelupa.