Reliance Logo

Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Dana Darurat

Dana darurat adalah dana simpanan yang dipersiapkan untuk bentuk antisipasi yang dapat digunakan Ketika ada kejadian atau peristiwa yang tidak diingikan ataupun dihrapkan terjadi.

Dana darurat bertujuan untuk kita gunakan saat keadaan terdesak atau dalam keadaan terburuk, yang bisa kita gunakan untuk biaya pengonbatan, biaya perawatan pasca kecelakaan ataupun kondisi lainnya. Jadi sangat perlu untuk menyiapkan dana darurat untuk kiya terlebih bagi kita yang sudah berkeluarga.

Selagi memiliki penghasilan, jangan lupa menyisihkan dana darurat. Berbagai ketidakpastian di dunia ini membuat perencaan keuangan menjadi semakin penting. Buat kamu yang belum mempersiapkan dana darurat, yuk simak empat alasan kenapa kamu haru memiliki dana darurat.

1. Pelindung saat kamu sakit

Mengingat biaya pengobatan dan perawatan yang semakin tinggi tentu tidak sedikit dibutuhkan saat kamu sakit dan perlu dirawat. Dengan mempunyai dana darut kamu bisa mengantisipasi keadaan tersebut. 

Bayangkan jika tidak ada dana darurat disaat kamu sakit dan tidak bisa beraktifitas normal dan tidak memiliki dana darurat, pasti kamu pusing karna dana tabungan kamu kamu akan tergerus habis dan menipis.

2. Pelindung saat kehilangan pekerjaan

Walaupun pandemic Covid-19 berangsur pulih dan semakin membaik, namun kondisi perekonomian yang masih belum stabil banyak bisnis yang masih terdampak akibat pandemic Covid-19. Sehingga perusaahaan membuat terpaksa melakukan PHK. Apabali itu terjadi kepada kita. Dana darurat dapat kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kita, sebelum dapat pekerjaan baru.

3. Menghindari hutang

Dana darurat bisa digunakan saat pengeluaran tak terduga yang cukup besar, seperti memperbaiki kendaran yang rusak, renovasi rumah yang bocor, atau mengganti smartphone yang rusak. Dengan memiliki dana darurat kamu dapat menggunakannya saat kondisi tersebut. Jangan sampai kamu berhutang dengan pinjaman online dengan bunga yang tinggi. Jika kamu sudah memiliki dana darurat kamu data menghindari lilitan utang, karena ada dana yang sudah disiapkan untuk biaya perbaikan barang-barang yang rusak.

4. Membuat Kondisi keuangan kamu stabil

Dengan menyiapkan dana darurat akan menjaga kondisi keuangan kamu lebih sehat dan stabil. Karena pengelolaan uang kamu nanti akan mudah  karena sesuai dengan tujuan dan kebutuhannya. Dengan kata lain kamu jadi tahu seberepa banyak pengeluaran perbulan dan bagaimana cara mengaturnya agar tidak melebihi penghasilan yang kamu dapatkan.

Dan saat barang atau aset berharga kamu ada yang rusak, bisa tetap diantisipasi karena kamu sudah memiliki dana cadangan yaitu dana darurat