Reliance Logo

Hindari makanan dan minuman ini untuk kamu penderita asam urat

Hindari makanan dan minuman ini untuk kamu penderita asam urat 

Penyakit asam urat merupakan kondisi gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat. tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Secara alamiah asam urat disebabkan karena tubuh memproduksi zat purin secara berlebihan.

Makanan atau minuman dengan purin yang tinggi dapat menyebabkan kondisi asam urat kambuh seperti pembekakan dan kemerahan pada pergelangan sendi. Untuk menghindari atau mengantisipasi penderita asam urat harus menghindari beberapa makanan dan minuman. Memilih makanan untuk penderita asam urat memang susah gampang, lalu makanan dan minuman apa saja yang harus dihindari oleh penderita asam urat?

 

1. Daging merah

Daging sapi, kambing domba, kerbau dan babi memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Batasi konsumsi daging tersebut dengan minimal 100 gr perhari.

2. Seafood

Aneka makanan laut seperti ikan laut, ikan kod, ikan teri, telur ikan dan sarden adalah makanan yang tinggi purin kamu perlu menghindarinya.

3. Beberapa jenis sayuran

Beberapa sayuran tidak cocok untuk penderita asam urat antara lain, kembang kol, jamur, kacang polong dan bayam.

4. Minuman beralkohol

Selain memang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Minuman alkohol juga dapat memiliki purin yang tinggi dan dapat merusak fungsi ginjal.

5. Makanan manis

Coklat, permen dan eskrim merupakan jenis makanan manis yang banyak mengandung gula dapat meningkatkan kadar asam urat dan dapat berisiko terkena diabetes