Reliance Logo

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital didalam tubuh, fungsi jantung sendiri yaitu mempo darah keseluruh aliran tubuh. Fungsi tersebut menunjang kelangsungan hidup. Supaya jantung tetap sehat kamu perlu melakukan sejumlah langkah yang perlu kamu lakukan.

Lalu hal apa saja yang perlu kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung? Dikutip dari Kemenkes.go.id (11/05/2023), berikut tips untuk mejaga kesehatan jantung;

Membatasi Konsumsi Makanan Asin

Makanan asin dan gurih tentunya sang menggiyurkan lidah kita untuk dikonsumsi. Akan tetapi sangat berbahaya jika terlalu berlebihan dan dapat memicu darah tinggi (hipertensi) yang merupakan salah satu penyakit jantung. Pada saat darah tinggi fungsi jantung untuk memompa darah akan sangat berat dan dapat menggangu kesehatan jantung.

Sebaiknya batasi asupan garam pada makanan masakan yang kita buat, yaitu perharinya 1500 mg. disamping itu juga kurangi makanan yang tinggi garam seperti snack atau makanan junk food.

Tidur Yang Cukup

Menjaga kualitas tidur adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung. Tidur yang cukup jangan begadang dan tidak bangun siang.  Kebiasaan begadang dan tidur larut malam akan merubah biologis tubuh menjadi rusak. Kondisi tersebut menyebabkan peradangan dan naiknya tekanan darah yang dapat meningkatnya tekanan risiko penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan Mulut

Salah satu penyebab sakit jantung adalah ketikat timbul penyakit mulut, gusi, dan gigi yang kurang mendapatkan perawatan. Pada rongga mulut yang parah terdapat bakteri ataupun jamur yang dapat berpindah ke aliran darah dapat membuat peradangan pada pembuluh darah disekitar jantung. Oleh karena itu rajin-rajin menggosok gigi 2 kali sehari secara teratur. Itu merupakan salah satu hal yang paling mudah untuk menjaga kesehatan jantung.

Berhenti Merokok, Menghisap Asap Rokok Atau Vape

Menghisap rokok dapat membahayakan untuk kesehatan paru-paru dan jantung. Oleh sebab itu sebaiknya menghindari rokok, asap rokok dan jangan merokok. Teruntuk kamu yang sudah merokok sebaiknya berhenti merokok. Walupun berat dan menantang sebaiknya mulai berhenti merokok dari sekarang juga.

Rokok mengandung bahan kimia yang membuat plak pada pembuluh darah. plak ini terus menumpuk seiring berjalannya waktu dan menyumbat aliran darah sehingga dapat memicu penyakit jantung.

Batasi Makanan Berlemak

Lemak adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sebagai cadangan sumber energi. Akan tetapi tidak semua lemak baik untuk kesehatan. Salah satunya lemak jenuh, yaps lemak jenuh menyebabkan kadar kolesterol didalam tubuh meningkat dan semakin lama membentuk plak di pembuluh darah jantung. Oleh karena itu batasi makanan yang mengandung lemak jenuh.

Rajin berolahraga

Banyak sekali manfaat yang didapat dari berolahraga. Mulai dari membuat tubuh jadi bugar, menyehatkan paru paru, menyehatkan jantung dan lain sebagainya. 

Aktivitas dalam berolahraga mampu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik didalam tubuh. Olahraga yang cocok untuk kesehatan jantung seperti bersepeda, berenang atau joging. Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap harinya