Reliance Logo

Cara Menjaga Kesehatan Ditengah Polusi Udara

Tingkat polusi udara di Indonesia cukup mengkhawatirkan terutama di kota-kota seperti Jakarta dan sekitarnya. Tentunya ini sangat mengkhawatirkan karena berdampak buruk buat kesehatan dan dapat memicu berbagai macam penyakit seperti kanker paru-paru, inspeksi saluran pernafasan, Penyakit Kardiovaskular, Penyakit Kulit dan Gangguan Neurologis.

Polusi udara berasal dari aktivitas manusia, seperti asap kendaraan, bahan kimia rumah tangga, bahan bangunan, sisa industri dan pembakaran sampah. Ditengah kualitas udara yang buruk. 

tentunya penting sekali untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan sehat. Lalu, bagaimana menjaga kesehatan tubuh ditengah kondisi udara yang semakin buruk? yuk simak tips berikut ini untuk menjaga kesehatan ditengah kualitas udara yang semakin buruk.

Pakai masker saat beraktivitas diluar ruangan

Untuk melindungi diri dari udara yang penuh polutan adalah dengan menggunakan masker. Masker sangat berguna untuk menyaring partikel-partikel kecil misalnya seperti debu & polutan lainnya. 

Gunakan masker yang sesuai dengan standar kementerian kesehatan. Rekomendasi masker yang baik untuk kesehatan adalah respirator N95 dan simple mask.

Cek kualitas udara

Kamu juga perlu memantau dan mengecek kualitas udara di sekitarmu, cek secara teratur dengan menggunakan aplikasi atau laman seperti JAKI, IQAir, ISPU, BreezoMeter atau AirVisual. Kualitas udara akan terlihat dari angka indeks dan warna.

Menjaga kebersihan lingkungan

Cara selanjutnya untuk tetap sehat pada saat polusi udara adalah dengan menjaga kondisi udara di dalam rumah atau ruangan tetap sehat. Jika kamu membuka jendela, pastikan sirkulasi udara baik. 

Rajin membersihkan permukaan rumah secara teratur dan ditambah humidifier yang berfungsi melembapkan udara dan membawa ragam manfaat untuk kesehatan.

Baca : Jenis Penyakit yang Disebabkan oleh Polusi Udara

Batasi Aktivitas diluar ruangan

Jika kualitas udara semakin memburuk sebaiknya kamu perlu membatasi aktivitasmu di luar ruangan. Karena semakin kamu sering beraktivitas diluar ruangan semakin besar kamu terpapar polusi udara.

Rajin berolahraga

Meskipun udara sekitar terpapar polusi, rutinitas olahraga tetap harus dilakukan. Untuk mencegah berbagai penyakit, kamu harus tetap sehat. Jika kamu terbiasa berolahraga di luar rumah, cobalah untuk melakukan latihan di dalam ruangan atau di rumah. 

Namun, jika kamu lebih suka tetap untuk melakukan olahrga meskipun di luar rumah, coba pilih waktu tertentu, seperti pagi hari. kamu juga harus menghindari area yang dekat dengan jalan raya. Meskipun prediksi tentang kualitas udara yang hijau, kendaraan di jalan raya yang padat dapat meningkatkan polusi udara.

Penuhi asupan gizi

Memenuhi asupan gizi harian adalah cara selanjutnya untuk tetap sehat di tengah polusi udara. Kamu bisa mengkonsumsi makanan sehat, misalnya seperti sayur dan buah untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna menghindari penyakit. Kamu juga bisa memilih suplemen kesehatan yang mudah dikonsumsi untuk mempertahankan daya tahan tubuh.

Demikian tips agar menjaga tubuh tetap sehat saat kondisi udara yang semakin memburuk. Selain tips diatas, kamu juga dapat menanam tanaman di halaman rumah kamu agar dapat membantu mengurangi polusi udara.