Reliance Logo

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami

Sakit tenggorokan tentunya sangat mengganggu dan menyebalkan karena untuk menelan makanan saja rasanya sulit. Sakit tenggorokan biasanya menyebabkan gatal, nyeri dan iritasi. Rasa sakit tersebut bertambah ketika menelan makanan ataupun minuman. Beberapa obat kimia dapat membantu untuk meredakan dan menyembuhkan sakit tenggorokan, akan tetapi mengkonsumsi obat kimia mempunyai efek samping yang tidak baik buat tubuh.

Alih-alih mengkonsumsi obat dari apotek, kamu bisa menyembuhkan tenggorokan dari beberapa obat alami. Mulai dari minum ramuan herbal, kumur-kumur dengan air garam dan lainnya sebagainya. Berikut beberapa cara meredakan sakit tenggorokan secara alami dikutip dari beberapa sumber;

Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, selain itu berkumur dengan air garam dapat membantu membunuh bakteri-bakteri di tenggorokan.

Air garam garam dapat mengurangi pembengkakan dan iritasi di tenggorokan.

Cara mengobati sakit tenggorokan dengan air garam cukup mudah, yaitu;

Pertama siapkan ½ sendok teh garam, dan larutan dalam satu gelas air hangat. Campurkan kemudian aduk hingga rata lalu kumur-kumur dengan air tersebut. Lakukan tiga jam sekali untuk mengobati sakit tenggorokan kamu.

Minum teh chamomile

Teh chamomile sendiri sudah digunakan sejak dulu sebagai obat alternatif, teh chamomile efektif membantu meredakan rasa sakit dan memberikan efek menenangkan.

Menurut hasil penelitian di dalam teh chamomile mengandung apigenin dan asam linolenat yang memiliki sifat anti inflamasi, antimikroba, antioksidan dan penghilang rasa sakit.

Mengkonsumsi madu

Didalam sebuah madu terdapat sifat anti inflamasi, antimikroba serta antioksidan yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan secara efektif. Selain madu bagus untuk meredakan sakit tenggorokan, mengkonsumsi madu juga aman untuk saluran pencernaan. Kamu dapat mengkonsumsi madu secara langsung maupun mencampurkannya dengan teh dan minuman sehat lainnya.

Baca : Cara Mencegah Diabetes di Usia Muda

Air Lemon

Perasan air dari lemon kaya akan kandungan vitamin C dapat membantu meningkatkan imun tubuh, menjaga daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan atau pemulihan radang tenggorokan.

Selain itu vitamin C dari perasaan air lemon dapat meningkatkan kadar antioksidan di dalam darah hingga 30% sehingga dapat membantu sistem imun melawan peradangan

Kunyit

Kunyit merupakan obat alami dari sakit radang tenggorokan, karena memiliki senyawa yang bersifat antibakteri.
Kamu bisa menumbuk satu kunyit lalu direbus didalam air, agar kamu bisa mendapatkan sari dari kunyit tersebut. Selanjutnya minumlah ramuan herbal tersebut 1 kali dalam sehari. Agar hasil lebih optimal campurkan dengan air perasaan lemon dan madu.

Cuka sari apel

Selanjutnya obat alami radang tenggorokan adalah cuka sari apel, cuka sari apel yang memiliki senyawa antimikroba yang dapat membantu meredakan sakit dari radang tenggorokan.

Cara mengobatinya radang tenggorokan dengan cuka sari apel, yaitu;

  1. Encerkan 1 hingga 2 sdm cuka sari apel ke dalam satu gelas berisi kemudian berkumur-kumur dengan minuman tersebut
  2. Lakukan 3-4 jam secara rutin
  3. Ada banyak cara berbeda dalam penggunaan cuka sari apel untuk meredakan radang tenggorokan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk memanfaatkannya.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki senyawa allicin yang memiliki sifatt antimikroba sehingga dapat mengatasi radang tenggorokan karena infeksi bakteri, Mengunyah langsung bawang putih dapat dijadikan obat alamin penyembuhan radang tengggorokan. Selain menyembuhkan radang tenggorokan bawang putih juga dapat meredakan sakit gigi.

Demikian rekomendasi obat alami untuk menyembuhkan radang tenggorokan yang mudah ditemui, sebagai catatan obat alami ini aman dan tidak memiliki efek samping. Namun perlu diingat bila gejala yang dirasa sudah cukup parah segera berkonsultasi dengan dokter.