Reliance Logo

Bisnis Di Usia Muda

Bisnis Di Usia Muda

Memulai bisnis diusia muda bukanlah yang mudah. Banyak tantangan yang akan dihadapi namun bukan berarti sulit, selama kita mempunyai tekad yang kuat. Menjalankan bisnis sampingan sambil bekerja menjadi tantangan dan kesenangan tersendiri untuk kita yang terjun langsung. Dengan harapan, bisnis itulah yang akan menyambung kemapaman financial kita dimasa yang akan datang. Berikut beberapa ide tips bisnis:

1. Bisnis online

Tidak bisa dipungkiri kehadiran sosial media memudahkan kita untuk menjalankan bisnis via online. Keuntungan lainnya adalah bisa memasarkan produk tanpa biaya iklan yang besar. Selain itu jenis produk yang dijualpun bisa beragam sesuai kebutuhan dari konsumen. Aktif di sosial media tidak selamanya negative, hal ini dapat kita manfaatkan untuk menambah dan memperluas bisnis yang kita jalani. Jenis barang atau jasa yang kita bagikanpun bisa disesuaikan dengan hal yang kita sukai.

2. Agent perjalanan

Bisnis ini bisa dilakukan oleh kamu yang memiliki hobi jalan-jalan serta memiliki banyak waktu. Yang perlu kamu lakukan adalah pintar negosiasi dengan pihak lain yang akan terlibat dengan bisnis anda ini, contohnya hotel atau penginapan, agen tiket pesawat, tempat wisata dan lain-lain. Kekurangan dari bisnis ini hanyalah complain dari customer yang merasa kurang puas dengan pelayanan ataupun jadwal yang tidak sesuai dengan yang sudah ditetapkan. Maka dari itu, persiapkan semuanya dengan baik untuk memperkecil complain yang akan terjadi.

3. Design grafis

Jenis bisnis ini juga tidak terlepas dengan bisnis online. Semakin menjamurnya bisnis online, maka kebutuhan akan design grafis juga meningkat. Untuk yang memiliki keahlian design grafis bisnis jenis ini sangatlah cocok. Selain itu dapat menambah penghasilan diluar gaji tetap anda.

4. Kuliner dadakan

Bisnis kuliner merupakan bisa yang tidak ada matinya karna siapapun didunia ini perlu makan. Yang perlu anda lakukan hanyalah membuat jenis makanan/ masakan yang simple dan unik. Setelah itu pilihlah tempat yang ramai pengunjung pada weekend (biasanya taman kompleks perumahan), kemudian siapkan alat-alat yang simple. Area julanpun hanya memerlukan sedikit tempat dan mengurus perizinan juga tidaklah sulit.

5. Event organizer

Menjadi EO sulit-sulit gampang, menambah relasi dan bantuan dari orang terdekat menjadikan bisnis jenis ini menyenangkan. Ditambah dengan kebutuhan masyarakat kota yang tidak mau repot ini itu. Disinilah peluang bisnis kita terbuka. Ada banyak event organizer yang dapat diselenggarakan, mulai dari pernikahan, pemeran, ulang tahun, reuni, sampai pertemuan rapat. Bisnis jenis ini akan semakin baik bila dilakukan bersama tim, minimal 5 orang untuk permulaan. Jangan malas untuk cari informasi lokasi, ketring, salon, dan lain-lain untuk memperlebar jaringan.

sebenarnya masih banyak jenis usaha yang dapat dilakukan diusia muda, tinggal anda yang dapat menentukannyanya. Yang perlu diingat hanyalah, lakukan bisnis sampingan itu dengan senang hati. Atau bisa dilakukan sebagai hobby, karena apabila hobby, tidak akan menjadi berat pekerjaan itu.