Reliance Logo

Bahaya menggunakan smartphone secara berlebihan untuk kesehatan mental

Bahaya menggunakan smartphone secara berlebihan untuk kesehatan mental

Di zaman Digital ini penggunaan Smartphone phone sudah menjadi bagian penting dari kehidupan kita sekarang. Akan tetapi dampak penggunaan smartphone secara terus-menerus mempunyai dampak buruk buat kesehatan mental kita. Tidak perlu berhenti secara sepenuhnya kamu cukup membatasi penggunaannya. Berikut dampak penggunaan smartphone secara berlebihan:

1. Gangguan tidur

Scrolling gadget, entah untuk medsos, main game sebelum tidur. Dapat menggangu pola tidur kamu dan membuat kualitas tidur kamu tidak bagus. Apalagi jika kamu keasyikan scrolling gadget kamu membuat lupa diri dan tidur hingga larut malam tentu kamu harus berhati-hati sebab kurangnya tidur mempengaruhi kesehatan mental kamu.

Sebaiknya jauhkan smartphone kamu ketika mau tidur, dan buat hanya mode silent. agar tidak menggangu kualitas tidur kamu

 

2. Kecanduan Smartphone

Ciri ciri seseorang yang kecanduan terhadap smartphone adalah kehilangan minat terhadap aktivitas lain dan perubahan suasana hati. Kecanduan Smartphone ini disebabkan karena kamu secara terus-menerus menggunakan smartphone tanpa mengenal waktu. Sebaiknya luangkan waktumu sejenak untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan keluarga ataupun kawan untuk mengurangi kecanduan terhadap smartphone

 

3. Kurangnya berinteraksi sosial 

Semakin banyak kita menatap layar semakin sedikit waktu yang kita gunakan untuk berinteraksi bersama orang lain. Hal ini tentunya membuat kita sulit bersosialisasi dengan lingkungan sekitar kita. Pedahal penting bagi kita untuk bersosialisasi dengan lingkungan disekitar kita. 

Kurangnya berinteraksi dengan orang lain dapat menyebabkan depresi dan rasa cemas.

 

4. Menurunya kemampuan kognitif

Menggunakan smartphone secara terus-menerus hingga mengganggu siklus tidur kita, nyatanya berdampak serius untuk kesehatan mental kita. Ini dapat mengurangi daya Ingat, mengurangi kita untuk berpikir jernih, malas untuk belajar dan mengurangi keterampilan kognitif.

Menghentikan smartphone sepenuhnya bukanlah tindakan yang tepat terlebih di zaman sekarang semua aktivitas menggunakan smartphone. Namun kita hanya perlu membatasi penggunaan smartphone agar membantu kesehatan mental kita. Kamu dapat mengurangi penggunaan smartphone setidaknya satu jam perhari dalam seminggu, waktu tersebut bisa kamu gunakan untuk bersosialisasi ataupun berolahraga.