Reliance Logo

Financial Planning : Definisi & Manfaatnya

Salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh generasi muda adalah literasi keuangan. Ini karena mengetahui tentang keuangan dapat membantu mereka yaitu generasi muda dalam menabung dan berinvestasi, serta membantu dalam membuat planning keuangan.

Rencana keuangan setiap orang tentunya berbeda-beda tergantung pada pendapatannya. Dan ketahuilah perbedaan antara keinginan dan kebutuhan serta berikan prioritas kepada yang paling penting. Jadi, apa itu rencana keuangan dan apa saja manfaatnya? Baca lebih lanjut di bawah ini.

Apa itu rencana keuangan?

Dikutip dari sikapiuangmu. ojk. go. id Financial Planning ialah suatu proses untuk mencapai tujuan hidup seseorang dengan melalui pengelolaan keuangan secara terencana. Yaitu dengan cara menyusun pendapatan, pengeluaran, asset dan berbagai kebutuhan lainnya untuk masa sekarang dan masa yang akan dating. Menyusun atau membuat rencana keuangan bertujuan untuk mencapai goals masing-masing.

Dengan memiliki "arah dan arti" keputusan keuangan, dapat memotivasi kamu untuk mencapai tujuan dimasa depan nanti. Memiliki perencanaan keuangan dapat membantu kamu dalam mengambil keputusan jangka pendek atau Panjang dalam tujuan hidup kamu.

Perencanaan keuangan juga dapat digunakan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan keuangan Kamu saat ini dan di masa depan sehingga Kamu dapat mencapai tujuan akhir dari perencanaan keuangan, yaitu kebebasan finansial. Kebebasan finansial dapat didefinisikan sebagai bebas dari hutang, memiliki aliran uang dari investasi yang telah Kamu lakukan, dan terlindung dari risiko finansial.

Manfaat Financial Planning

Berikut adalah manfaat financial planning yang tentunya pasti kamu dapatkan, simak sebagai berikut.

Instruksi Manajemen euangan

Kamu pasti membutuhkan tata cara untuk mengelola keuangan Kamu dengan tepat. Rencana keuangan ini akan membantu dalam mengelola aktivitas keuangan Kamu dalam kehidupan sehari-hari sehingga Kamu akan mempertimbangkan terlebih dahulu apakah pengeluaran tersebut, sesuai dengan rencana keuangan yang dibuat atau tidak.

Memaksimalkan Penghasilan

Dengan merencanakan keuangan, Kamu akan lebih mudah mengetahui arus kas keuangan sehingga Kamu dapat mengetahui apakah pengeluaran lebih besar daripada sumber penghasilan yang diperoleh. 

Pada akhirnya, ini akan membantu Kamu memaksimalkan sumber penghasilan Kamu untuk menghindari pengeluaran untuk hal-hal yang tidak diperlukan.

Untuk mengetahui pengeluaran mana yang dapat dikurangi dan anggaran mana yang dapat ditambah, Kamu juga bisa melakukan pencatatan keuangan. Misalnya, jika Kamu memang sering untuk mengeluarkan uang dengan tujuan hiburan, maka Kamu bisa mengurangi pengeluaran tersebut dan menempatkan dana tersebut untuk investasi.

Baca : Pentingnya Manajemen Keuangan Bagi Anak Muda

Menghemat Uang

Jika Kamu tahu ada pengeluaran yang tidak perlu, Kamu dapat memutuskan berapa banyak anggaran yang dapat dipangkas untuk mencapai tujuan keuangan yang lebih besar. Berhemat berbeda dengan pelit. Dengan berhemat, Kamu akan dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Keinginan adalah hal-hal yang tidak dapat dipenuhi, tetapi kebutuhan adalah hal-hal yang harus dipenuhi.

Mengantisipasi Risiko Keuangan Dalam Jangka Panjang

Dalam hidup ini banyak hal yang tidak bisa diprediksi di masa depan, sebaiknya perlu kamu pertimbangkan dan mengantisipasi hal-hal tak terduga tersebut dengan perencanaan keuangan. Kamu akan memiliki dana darurat untuk berjaga-jaga dan dapat kamu gunakan ketika kondisi keuangan kamu tidak stabil.

Membentuk Tujuan Keuangan Kamu

dengan perencanaan keuangan yang baik akan membantu Kamu mencapainya. Ini terjadi karena setiap uang yang Kamu keluarkan telah dipertimbangkan secara menyeluruh untuk memastikan tujuan keuangan Kamu tercapai. 

Misalnya, Kamu menetapkan tujuan finansial untuk membeli rumah dalam waktu tiga tahun. Jika rencana keuangan Kamu dilaksanakan dengan baik, Kamu akan dapat melakukannya dalam waktu tersebut.

Memperoleh Pendapatan Pasif

Banyak orang sekarang menyadari pentingnya perencanaan keuangan untuk memperoleh pendapatan pasif dengan melalui investasi. Oleh karena itu, investasi ini tidak perlu lagi bekerja secara penuh dengan tujuan untuk mencapai keuangan Kamu. Investasi dilakukan secara terus menerus dengan baik dan strategis tentunya kamu akan mendapatkan hasil maksimal yang dapat membantu kebebasan finansial kamu.