Reliance Logo

7 Makanan yang baik untuk Kesehatan jantung

Jantung merupakan organ vital yang berfungsi sebagai pemompa darah untuk memenuhi oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Apabila jantung mengalami gangguan, peredaran darah dalam tubuh dapat terganggu sehingga sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Kita dapat mengantisipasinya sejak dini dengan rajin berolahraga, tidur yang teratur dan menjaga pola makan. Berbicara tentang menjaga pola makan terdapat beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan jantung dikutip dari Kompas.com, Selasa (09/01/2023) Terdapat 7 makanan yang baik untuk kesehatan jantung

1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Sayuran berdua hijau adalah sumber Vitamin K yang membantu melindungi arteri, serta membantu penyembuhan luka luar.

Sayuran hijau juga tinggi nitrat, yang telah terbukti mengurangi tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah.

2.  Gandum Utuh

Gandum utuh, seperti beras merah, oat, rye, barley, buckwheat dan quinoa baik bagi jantung. Dibandingkan gandum olahan, gandum utuh memiliki serat lebih tinggi, yang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

makan tiga porsi lebih banyak gandum utuh setiap hari menurunkan risiko penyakit jantung sampai 22 persen.

3. Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung antioksidan tinggi seperti flavonoid, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. makan cokelat hitam setidaknya lima kali per minggu menurunkan risiko penyakit jantung koroner hingga 57 persen.

Namun, perlu diperhatikan bahwa penelitian ini tidak memperhitungkan faktor lain yang mungkin berpengaruh. Pastikan untuk memilih cokelat hitam berkualitas tinggi dengan kandungan kakao minimal 70 persen. Penting juga untuk membatasi asupannya agar manfaat bisa maksimal.

4. The Hijau

Teh hijau telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, seperti meningkatkan pembakaran lemak hingga dan meningkatkan sensitivitas insulin. Teh hijau mengandung polifenol dan katekin, yang dapat bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel, mengurangi peradangan dan melindungi kesehatan jantung.

Mengonsumsi suplemen teh hijau atau minum matcha, minuman yang mirip dengan teh hijau tetapi dibuat dengan daun teh utuh, juga dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

5. Kacang-kacangan

mengonsumsi biji-bijian atau kacang-kacangan bisa memberi manfaat baik bagi jantung. Keduanya kaya akan lemak tak jenuh, yang bermanfaat mencegah penyakit kardiovaskular. Biji-bijian itu contohnya edamame, biji chia, biji rami, almond, kenari, biji dari tumbuhan polong-polongan seperti kacang merah, kacang polong, kedelai, dan lain-lain. Penting diingat bahwa pola makan sehat juga perlu diimbangi dengan pola hidup sehat.