Reliance Logo

5 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi setelah Lebaran

5 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi setelah Lebaran

Momentum perayaan lebaran identik dengan makanan dan minuman, seperti rendang, opor ayam dan makanan bersantan lainnya. Kadang membuat kita kalap dan memakan semua hidangan yang tersedia pada saat perayaan lebaran. Namun, pastikan untuk mengkontrol pola makan demi menjaga kesehatan untuk mencegah darah tinggi (Hipertensi).

Makanan lebaran seperti opor ayam, ketupat sayur mengandung santan. Santan memang tidak meningkatkan tekanan darah, tapi sajian santan dapat memicu obesitas yang bisa menyebabkan darah tinggi. Jika kamu memiliki riwayat hipertensi perlu diwaspadai. 

Tips Untuk menurunkan tekanan darah tinggi setelah lebaran;

1. Kurangi atau batasi konsumsi garam

pada saat lebaran, banyak sekali camilan yang disediakan, mulai dari camilan yang manis hingga asin. untuk penderita darah tinggi, sebaiknya kamu memperhatikan pada saat konsumsi camilan asin. karena mengandung banyak garam yang memicu darah tinggi meningkat. Oleh karena itu batasi mengkonsumsi camilan asin pada saat lebaran. Tidak hanya pada camilan, kamu harus juga membatasi garam dalam masakan, dan makanan cepat saji.

 

2. Kurangi asupan gula

Gula fluktosa dapat meningkatkan tekanan darah melebihi garam, selain itu gula juga dapat meningkatkan tekanan darah sebesar 5,6 mmHg diastolik dan 6,9 mmHg sistolik. untuk itu perlu membatasi gula dan karbohidrat olahan dapat membantu menurunkan tekanan darah dan berat badan.

 

3. Kurangi stres

Mengelola atau mengendalikan stress dengan baik dapat membantu menurunkan tekanan darah. Pasalnya stress yang berlarut-larut dapat meningkatkan tekanan darah didalam tubuh. Beberapa cara untuk mengendalikan stress seperti; meditasi, berolahraga dan melakukan hobi

 

4. Rutin olahraga

Setelah berpuasa dan lebaran terkadang membuat kita malas untuk berolahraga. Sebaiknya kita mulai kembali rajin berolahraga untuk dapat membuat tubuh kita kembali bugar dan sehat. Olahraga dapat meningkatkan kinerja jantung dalam memompa darah. Kamu dapat memulai dengan olahraga ringan seperti : Lari,sit up, push up atau senam

 

5.  Pola Makan sehat

Setelah mengkonsumsi makanan berlemak dan bersantan serta berkolesterol selama lebaran. Selanjutnya kita kembali menerapkan pola makan sehat dengan mengkonsumsi buah-buahan, sayuran dan susu rendah lemak.

Direkomendasikan juga mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti pisang, jeruk, wortel, buah beri, mentimun dan buah bit. Makanan yang mengandung kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.