Reliance Logo

5 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Mentalmu

5 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Mentalmu

Puasa Ramadhan tak hanya untuk kesehatan fisik namun puasa juga baik bagi psikologis seseorang yang menjalankan ibadah puasa, karena dengan berpuasa menjaga kita dari perilaku buruk. Dengan berpuasa kita dapat membawa pengaruh positif pada kesehatan mental kita, berikut manfaat puasa untuk kesehatan mental kita;

1. Menumbuhkan Rasa Empati

Puasa bisa meingatkan kita sebagai umat muslim akan penderitaan orang miskin untuk mendapatkan makanan dan minuman. Rasa haus dan lapar yang kita lalui dapat meningkatkan rasa empati kita kepada sesama.

2. Terhindar Dari Kebiasaan Buruk

Berpuasa akan mengurangi kebiasaan buruk pada seseorang yang biasa dilakukannya, misalnya merokok, bergunjing, makan-makanan yang tidak sehat dan lain sebagainya. Dengan berpuasa akan membentuk pola hidup sehat dan akan mempengaruhi kondisi psikologis seseorang kearah lebih baik.

3. Menjaga Mood Selalu Positif

Saat sedang berpuasa kita akan menghindari hal-hal negatif. Selain itu umat islam percaya bahwa dibulan Ramadhan semua kebaikan akan berlipat ganda dan berlomba-lomba untuk mencari kebaikan. Dan tentunya dalam menjalankan ibadah tersebut membawa aura yang positif kedalam tubuh yang berpuasa

4. Menurunkan Kadar Stress

Pola makan dan minum yang sudah diatur sedemikian rupa saat sahur dan berbuka.  Hal ini dapat membuat kadar hormon stres didalam tubuh lebih terjaga sehingga membuat kita dapat mengendalikan rasa stres dan membantu meningkatkan kemampuan berpikir menjadi lebih jernih.

5. Hati Dan Pikiran Lebih Tenang

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh ampunan, rahmat dan berkah dimana semua kebaikan yang kita lakukan dilipatgandakan. Sholat, Berdoa, beramal, bersedakah, membaca al Quran, melakukan segala perbuatan kebaikan dan berbagi kebaikan untuk untuk sesama akan membuatmu lebih tenang dan merasakan kedamaian lahir dan batin. semua itu dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.