Reliance Logo

4 Tips menabung buat milenial agar cepat dapat memiliki rumah

4 Tips menabung buat milenial agar cepat dapat memiliki rumah

Harga rumah yang tiap tahunnya meningkat dengan pesat, membuat generasi milenial pesimis dalam memiliki rumah impian. Dilihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, Indonesia akan mendapatkan Bonus demografi yaitu diperkirakan 90 juta penduduk milenial, mereka berada di usia 10-39 tahun dan termasuk ke dalam usia produktif. Dan sebagai penggerak perekonomian. Milenial akan menjadi target utama dari pasar properti.

Akan tetapi terdapat beberapa faktor yang menghambat generasi milenial dalam membeli rumah mereka sendiri. Harapan pada anak muda atau generasi milenial untuk segera memiliki rumah ini sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Berikut  tips yang harus dijalankan, apa saja itu?

1. Menabung dalam bentuk emas

Menabung dalam bentuk emas memiliki banyak keuntungan, salah satunya harga emas adalah nilai asetnya yang tidak tergerus inflasi secara signifikan, dengan begitu menabung emas secara tidak langsung berarti kamu sedang berinvestasi dengan tingkat resiko yang mudah diatur.

2. Carilah DP rumah yang bisa dicicil

Harga rumah yang semakin tinggi membuat DP rumah juga  tinggi. Pilih lah rumah yang DP nya dapat dicicil. Tenang kamu tidak perlu takut banyak developer rumah yang memberikan promo promo menarik.  Promo tersebut bisa kamu manfaatkan untuk kamu yang memiliki dana terbatas

3. Pilih rumah sesuai kebutuhan kamu 

Setelah kamu punya uang untuk DP, pilihah rumah sesuai kebutuhan kamu. Jika kamu masih single dan belum berkeluarga kamu dapat memilih rumah yang tipe minimalis, tapi jiika kamu sudah berkeluarga pilihlah rumah dengan kamar yang lebih banyak sesuai dengan jumlah keluarga kamu, perlu kamu perhatikan kamar yang cukup banyak dan halaman yang cukup luas dan lokasi yang startegi tentunya akan membuat harga jauh lebih tinggi.

4. Pilih tenor KPR terpanjang

Selesai mempertimbangkan DP, serta ukuran rumah, selanjutnya kamu harus mempertimbangkan tenor KPR yang diajukan. Jika mungkin, pilih rumah yang memiliki tenor KPR paling panjang bisa 10 sampai 20 tahun. Dengan tenor KPR panjang, cicilan bulanan rumah kamu jauh lebih rendah. Hal tersebut bisa membantu kamu untuk menjaga keseimbangan cash flow finansial bulanan tetap stabil.

kamu harus benar-benar menghitung dengan cermat besarnya cicilan yang harus dibayar. Jangan sampai Biaya cicilan lebih besar atau setara dengan penghasilan bulanan kamu. Biaya maksimal nominal cicilan setidaknya 30 persen dari gaji bulanan.

 

Teruntuk kamu para generasi milenial yang sedang mencari dan ingin mempunyai rumah ekonomis, masih ada banyak pilihan proyek rumah petak yang bisa dipilih sesuai budget. Kini memiliki rumah impian bukan hanya impian belaka dengan mengikuti tips ini dan jangan pernah berhenti untuk berusaha ya karena usaha keras tidak akan mengkhianati hasil.